..:: klik untuk One 4 Share versi mobile ::.. ..:: Di sini, Rp 10.000,- bekerja untuk Anda ::..

Wednesday, May 6, 2009

GERAKAN ANTI PENJIPLAKAN / PLAGIAT

GERAKAN ANTI PENJIPLAKAN / PLAGIAT



Mari Rekan-rekan kita katakan tidak pada penjiplakan , katakan tidak pada plagiat. Sebenarnya penulisan positng GERAKAN ANTI PENJIPLAKAN / PLAGIAT ini karena ingin sekali rasanya memberi tahukan kepada rekan-rekan bagaimana cara mengutip atau meng-copy artikel seseorang.

Kan kasihan penulis udah capek-capek nulis dan mikir berjam-jam bahkan bertahun-tahun.. e... malah dijiplak orang lain..

Begitu juga dengan postingan Blog / situs, he3..

***




***

OK, kita mulai dari definisi / pengertian penjiplakan dulu,

Dari Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas (http://id.wikipedia.org/wiki/Plagiarisme) :

"Plagiarisme adalah penjiplakan atau pengambilan karangan, pendapat, dan sebagainya dari orang lain dan menjadikannya seolah karangan dan pendapat sendiri. Plagiat dapat dianggap sebagai tindak pidana karena mencuri hak cipta orang lain. Di dunia pendidikan, pelaku plagiarisme dapat mendapat hukuman berat seperti dikeluarkan dari sekolah/universitas. Pelaku plagiat disebut sebagai plagiator. "

lengkapnya langsung aja ke alamat di atas dech..


Nah.. agar tidak dibilang plagiator / pembajak, maka bila mngutip / meng-copy artikel seseorang hendaknya memperhatikan dan mengamalkan hal-hal sederhana berikut;
* menuliskan nama penulis, judul asli, sumber kutipan atau copy-an tersebut.
* jika tidak ada nama penulis, maka hendaknya ditulis
judul asli, sumber kutipan atau copy-an tersebut.
* jika artikel / tulisan diambil dari situs atau blog ya... tulis aja alamatnya.. misalnya tadi (diatas) mengutip tulisan di wikipedia, maka jangan lupa tulis rujukannya :
(http://id.wikipedia.org/wiki/Plagiarisme)
*Akan lebih MULIA lagi kalo "sang pengutip" meminta ijin langsung kepada Penulis atau pengelola situs...

gimana kalo kaya gitu sama-sama enak kan? si penulis juga ga akan sakit hati karena sang pengutip "mengakui" karya si penulis itu, akhirnya si penulis jadi semangat lagi dech ngasi infonya... ^_^


TAMBAHAN:
bagi rekan-rekan yang ingin mengopy / mengutip artikel / postingan dari www.FisioSka.co.cc saya persilakan dan saya mohon untuk menuliskan alamat artikel / tulisan secara lengkap, misalnya ingin mengutip tulisan "Lowongan Fisioterapi" ya mohon ditulis juga "http://www.fisioska.co.cc/2009/04/lowongan-fisioterapi.html"

Terima Kasih...
Mohon untuk meninggalkan komentar dan juga mungkin tambahan...

1 comment:

  1. Kalau masalah plagiat memang sangat sudah di kendalikan. Tapi saya punya triknya sendiri. Siapa pun yang mengkopi artikel di blog kita pasti akan kerepotan menghapus tulisan/link yang telah disisipkan... penasaran?

    ReplyDelete

..::klik untuk One 4 Share versi mobile ::.. _ __