..:: klik untuk One 4 Share versi mobile ::.. ..:: Di sini, Rp 10.000,- bekerja untuk Anda ::..

Wednesday, August 10, 2011

Tips Sederhana Dongkrak Penjualan

Bagi pedagang, siapa yang tak ingin barang dagangannya laku terjual? Setiap pedagang, apapun bentuk dagangan yang ia jajakan baik barang atau jasa, pasti mengidam-idamkan hal tersebut. Semakin hari semakin banyak saja jumlah pedagang. Hal ini seacara langsung maupun tidak langsung tentunya mempengaruhi omset penjualan para pedagang, karena semakin banyak dan ketat persaingan yang harus mereka hadapi.

warung ramai
Langsung saja, berikut ini beberapa TIPS Sederhana untuk mendongkrak penjualan [khusus untuk pedagang makanan]:




Ciri Khas
Ciri khas memiliki suatu kekuatan tersendiri untuk menarik dan mempertahankan pembeli yang nantinya akan jadi pelanggan.
Ciri Khas yang PALING Menonjol dan mudah diingat adalah NAMA dan LOGO. Nama dan Logo ini dimaksudkan sebagai identitas, sehingga orang akan lebih mudah kembali dan menyarankan orang lain untuk membeli sesuatu ditempat yang sama.
Sebagai contoh seorang pedagang mie ayam memberi nama warungnya dengan nama “Mie Pak Maman” dan diberi logo / simbol Ayam Jago misalnya. Warung tersebut akan lebih mudah dijangkau / disebut / dicari dari pada warung-warung mie ayam yang anonim / tanpa nama dan simbol.
Ciri Khas yang lain dapat berupa menu makanan itu sendiri, warna / bentuk warung dan lain sebagainya.


Harga
Ada sebuah testimoni seorang pedagang nasi goreng keliling mengenai harga jual, dulu pada saat dia menghargai nasi goreng buatannya dengan harga Rp 5000,- jarang ada yang beli tapi suatu saat ketika ia menaikkan harga menjadi Rp 7000,- nasi Gorengnya malah laris. Padahal dia hanya menaikkan harga saja tanpa menambah apapun pada nasi gorengnya.
Secara psikologis, kebanyakan orang meyakini bahwa harga menunjukkan kualitas [dengan harga yang tinggi maka kualitas akan lebih baik] Maka celah ini dapat dimanfaatkan, dengan catatan jangan member harga terlalu mahal / sulit dijangkau oleh pembeli.
Satu lagi masalah harga, beri label harga. Jika tidak memungkinkan memberi label harga, setidakknya buatlah daftar harga pada menu makanan. Hal ini akan berdampak pada kepercayaan pembeli, mereka menjadi percaya dan tidak takut tertipu oleh pedagang soal harga karena mereka juga dapat menghitung dan memperkirakan berapa Rupiah yang harus mereka bayar.


Keramahan & Perhatian
Keramahan dan perhatian pedagang kepada pembeli sudah barang tentu berdampak positif bagi keduanya. Pembeli akan merasa lebih nyaman dan berminat kembali. Apalagi jika ada suatu bentuk reward / penghargaan bagi pelanggan.

Kebersihan
Jaga kebersihan, pembeli akan lebih memilih tempat dan makanan yang bersih.


Selain upaya fisik / usaha-usaha yang nyata seperti di atas, ada baiknya juga melakukan usaha-usaha non-fisik berikut ini:
Kekuatan Pikiran
Pendayagunaan kekuatan pikiran disini adalah dengan teknik visiualisai / membayangkan. Bayangkan warung anda selalu ramai pembeli. Bayangkan kotak penyimpanan uang anda di warung selalu penuh.
Kemudian lanjutkan dengan syukur.

Syukur
Syukur dapat dinyatakan dengan berbagai cara. Setidaknya berdoa / mengucap syukur atas apa yang akan diberi.



Semoga bermanfaat.. ^_^

Note: artikel ini ditulis dan dimodifikasi berdasarkan sharing ilmu oleh Master Rifai (selasa, 09 Agustus 2011)

_____

_____

2 comments:

..::klik untuk One 4 Share versi mobile ::.. _ __