..:: klik untuk One 4 Share versi mobile ::.. ..:: Di sini, Rp 10.000,- bekerja untuk Anda ::..

Monday, January 11, 2010

HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT TUNGKAI DAN KELENTUKAN PERGELANGAN KAKI DENGAN KETERAMPILAN MENGGIRING BOLA PADA PERMAINAN SEPAKBOLA BAGI PEMAIN KLUB IN

HUBUNGAN ANTARA KEKUATAN OTOT TUNGKAI DAN KELENTUKAN
PERGELANGAN KAKI DENGAN KETERAMPILAN MENGGIRING
BOLA PADA PERMAINAN SEPAKBOLA BAGI PEMAIN
KLUB INVESTINDO PURBALINGGA TAHUN 2004


AJI DWI PRASETYO


Tujuan penelitian ini adalah : 1) mengetahui hubungan antara kekuatan otot tungkai dengan keterampilan menggiring bola, 2) mengetahui hubungan antara kelentukan pergelangan kaki dengan keterampilan menggiring bola, dan 3) mengetahui hubungan antara kekuatan otot tungkai dan kelentukan pergelangan kakai dengan keterampilan menggiring bola.
Populasi dalam penelitian ini adalah pemain Klub Investindo Purbalingga sebanyak 30 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan total sampling, sehingga semua pemain Klub Investindo Purbalingga dijadikan sebagai sampel penelitian. Variabel terikat dalam penelitian ini yaitu keterampilan menggiring bola dan variabel bebasnya adalah kekuatan otot tungkai dan kelentukan pergelangna kaki. Data diambil melalui teknik tes dan pengukuran. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan analisis regresi dan korelasi sederhana maupun ganda.

***




***
Hasil analisis korelasi diperoleh hasil: (1) ada hubungan kekuatan otot tungkai terhadap hasil keterampilan menggiring bola, diperoleh koefisien korelasi 0,724 dengan probabilitas 0,000 < 0,05. Dengan demikian menunjukkan bahwa kekuatan otot tungkai berhubungan secara signifikan dengan keterampilan menggiring bola, (2) ada hubungan antara kelentukan pergelangna kaki dengan keterampilan menggiring bola, diperoleh koefisien korelasi 0,668 dengan probabilitas 0,000 < 0,05. Dengan demikian menunjukkan bahwa kelentukan pergelangan kaki berhubungan secara signifikan dengan keterampilan menggiring bola, (3) ada hubungan antara kekuatan otot tungkai dan kelentukan pergelangan kaki terhadap hasil keterampilan menggiring bola adalah 0,761 dengan probabilitas 0,000 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa kekuatan otot tungkai dan kelentukan pergelangan kaki berhubungan secara signifikan terhadap hasil keterampilan menggiring bola.
Saran yang dapat penulis ajukan berdasarkan temuan yang diperoleh dari penelitian ini adalah para pelatih hendaknya menekankan program-program latihan dalam rangka meningkatkan kekuatan dan kelentukan pergelangan kaki sehingga dapat menggiring bola dengan baik, melalui latihan penguluran dan peregangan otot untuk kelentukan peregangan kaki serta latihan weight training untuk kekuatan otot tungkai secara sistematis dan teratur dengan peningkatan beban latihan sedikit demi sedikit.

Download pdf
jika tidak bisa, silakan klik DI SINI

sumber : http://digilib.unnes.ac.id/gsdl/collect/skripsi/index/assoc/HASH01ab/5f83b52e.dir/doc.pdf



No comments:

Post a Comment

..::klik untuk One 4 Share versi mobile ::.. _ __