..:: klik untuk One 4 Share versi mobile ::.. ..:: Di sini, Rp 10.000,- bekerja untuk Anda ::..

Wednesday, February 24, 2010

Waktu optimal TENS untuk pengurangan nyeri pada OA lutut

Osteoarthritis (OA) adalah salah satu bentuk arthritis yang paling sering terjadi (memiliki angka prevalensi yang tertinggi dibandingkan jenis arthritis lain). Sebagian besar penderita OA adalah para lansia dengan usia 65 tahun keatas terutama OA lutut.

Terapi yang efektif untuk menangani nyeri (yang biasanya merupakan keluhan utama penderita OA) akan dapat meningkatkan kualitas mobilitas penderita. Salah satu modalitas Fisioterapi untuk mengontrol nyeri yang sering diaplikasikan adalah TENS. TENS dalam berbagai penelitian telah terbukti efektif menurunkan nyeri pada penderiata OA lutut, tapi beberapa hasil penelitian masih kontroversial.





***









***



Dalam berbagai penelitian yang telah dilakukan, ternyata masih belum diketahui berapa waktu terapi yang optimal pengaplikasian TENS pada penderita OA lutut. Dalam peneltian sebelumnya waktu yang digunakan bervariasi antara 30 hingga 60 menit per hari.

Cheing et al (2003) dalam penelitiannya membahas hal tersebut (waktu yang paling efektif untuk pengaplikasian TENS pada penderita OA lutut). Cehing et al (2003) membandingkan empat model pengaplikasian TENS yaitu TENS dengan lama pengaplikasian 20 menit, 40 menit, 60 menit dan TENS plasebo. TENS yang digunakan berupa TENS konvensional dengan frekuensi 100 pps, durasi pulsa 200 mikrosecon, dengan penempatan electrode pada titik-titik akupuntur di daerah lutut.

Hasil penelitian Cheing et al (2003) tersebut adalah bahwa TENS konvensional pada penderita OA lutut paling efektif (waktu optimal) diaplikasikan selama 40 menit.



Baca (download):

Cheing, G. L. Y. et al, 2003, Optimal Stimulation Duration of TENS In The Management of Ostheoarthritic Knee Pain, J Rehabil Med 35: 62–68







1 comment:

  1. yup lanjutkan tulisannya ya...
    kunjungi juga www.atan-hacker.blogspot.com..

    ReplyDelete

..::klik untuk One 4 Share versi mobile ::.. _ __