..:: klik untuk One 4 Share versi mobile ::.. ..:: Di sini, Rp 10.000,- bekerja untuk Anda ::..

Sunday, July 20, 2008

VISUAL ANALOGUE PAIN RATING SCALES (VAS)

VISUAL ANALOGUE PAIN RATING SCALES
(VAS)

By : Rohmat Saputro Wibowo



VAS merupakan alat ukur yang sederhana untuk mengukur / mengetahui perkiraan derajad / intensitas nyeri secara subjektif. Alat ukur ini awalnya digunakan dalam pemeriksaan psikologi sejak abad ke 20.

Sekitar tahun 70an Huskisson mempopulerkan alat ukur ini dalam aplikasi klinis. VAS berupa sebuah garis lurus sepanjang 10 cm. Garis ini mempresentasikan gambaran intensitas nyeri yang harus ditunjukkan oleh pasien. Pada kedua ujung garis tersebut, Huskisson menggunakan kalimat No Pain dan Pain As Bad As It Could Be.

Penggunaan garis horisontal secara umum lebih disukai dari pada vertikal, kecuali menurut penelitian di Cina yang menunjukkan hal sebaliknya.

Untuk melakukan pengukuran ulang, masih terjadi kontroversi tentang perlunya pasien melihat hasil pengukuran sebelumnya.





MODIFIKASI
Hingga saat ini telah ada berbagai format alternatif yang telah dibuat, antara lain :
  • penggunaan angka 0 dan 10 untuk menggantikan kata No Pain dan Pain As Bad AS it Could be
  • pada penelitian tentang nyeri lutut, Thomee et al (1995) menggunakan VAS dengan diskripsi No Pain dan Pain As Bad AS Posible
  • terdapat garis di tengah-tengah garis lurus tersebut
  • dicetak secara vertical atau horisontal
  • diberikan tambahan deskripsi sepanjang garis tersebut ( berat, sedang, ringan )


PENGUKURAN
Agar pengukuran dapat berjalan sebagai mestinya, sebelum dilakukan pengukuran pasien diberi penjelasan mengenai pengukuran yang akan dilakukan beserta prosedurnya. Kemudian pasien diminta untuk memberi tanda pada garis sesuai dengan intensitas nyeri yang dirasakan pasien. Biasanya pasien akan memberi tanda berupa goresan garis vertikal pada VAS horisontal, dan sebaliknya. Dalam pengukuran ini pasien diberi kebebasan penuh untuk memberi tanda pada VAS sesuai dengan intensitas nyeri yang ia rasakan.


PENENTUAN SCORE
Penentuan nilai / score VAS dilakukan dengan mengukur jarak antara titik / ujung garis yang menunjukkan no pain hingga ke titik yang ditunjukkan pasien. Pengukuran dilakukan dengan satuan milimeter. Jadi range untuk VAS adalah 0 s.d. 100.

Dalam memperkirakan adanya penurunan derajad nyeri, sangat tidak tepat bila dibandingkan secara langsung sebelum dan setelah terapi dilakukan. Hal tersebut karena penilaian yang pertama dan selanjutnya biasanya memiliki kecenderungan korelasi yang tinggi. Huskisson sendiri menyarankan untuk menggunakan diskripsi seperti berkurang, berkurang sedikit, cukup berkurang, dan total berkurang untuk menggambarkan penurunan derajad nyeri.


RELIABILITAS
  • Dalam studinya pada 100 pasien rematologi yang dilakukan pemeriksaaan, Scott dan Huskisson menemukan bahwa VAS vertikal dan horisontal memiliki korelasi 0,99
  • Perbandingan pada retest reliability kelompok terpelajar dan bukan terpelajar diperoleh hasil bahwa kelompok terpelajar lebih reliable (0,94) dibandingkan kel non terpelajar (0,71)
  • Matthew (2004) dalam penelitiannya berkesimpulan bahwa VAS reliable untuk mengukur low back pain.

VALIDITAS
  • Huskisson melaporkan bahwa VAS mempunyai korelasi yang baik (0,75) dengan four point discriptive scale.
  • Price etal (1994) dalam penelitiannya menemukan bahwa VAS lebih baik untuk menilai fascial pain dari pada penilaian numerik
  • • Elton etal (1979)VAS mempunyai korelasi antara 0,6 – 0,63 dengan Melzack’s McGill Pain Questionnaire
  • Breivik E. K., Bjornsson G. A. and Skovlund E (2000) menyatakan, secara sistematis VAS lebih kuat dibandingkan dengan VRS-4 (four category verbal scale). Sensitivitas VAS setara dengan NRS-11 (numeric rating scale).
  • Matthew (2004) dalam penelitiannya pada 25 responden yang menderita crinic low back pain menyimpulkan bahwa VAS dan SDS (Sematic Differential Scale) memiliki korelasi yang kuat dan keduanya reliable dan valid untuk mengukur low back pain.


KEUNTUNGAN
  • VAS merupakan metode pengukuran intensitas nyeri yang sensitif, murah dan mudah dibuat
  • VAS lebih sensitif dan lebih akurat dalam mengukur nyeri dibandingkan dengan pengukuran deskriptif
  • Mempunyai korelasi yang baik dengan pengukuran yang lain
  • VAS dapat diaplikasikan pada semua pasien, tidak tergantung bahasa bahkan dapat digunakan pada anak-anak di atas usia 5 tahun
  • VAS dapat digunakan untuk mengukur semua jenis nyeri


KEKURANGAN
VAS memerlukan pengukuran yang teliti untuk memberikan penilaian, pasien harus hadir saat dilakukan pengukuran, serta secara visual dan kognitif mampu melakukan pengukuran.

VAS sangat bergantung pada pemahaman pasien terhadap alat ukur tersebut. Sehingga edukasi / penjelasan terapis / pengukur tentang VAS terhadap pasien sangat dibutuhkan.


REFERENSI :

Averbuch, Mordechai and Meyer Katzper. Assesment of Visual Analog Versus Categorical Scale for Measurement of Osteoarthritis Pain. http:// jcp.sagepub.com/cgi/content/abstract/44/4/368. 2004

Basuki, Nur. Pain Measurement. 2007

Breivik E. K., Bjornsson G. A. and Skovlund E. A Comparison of Pain Rating Scales by Sampling From Clinical Trial Data. http://cat.inist.fr/?aModele=afficheN&cpsidt=1306482. 2000.

Couper, Mick P., Rogen Tourangeau, Frederick G. Conrad and Eleanor Singer. Evaluating the Effectiveness of Visual Analog Scales. http://www.portal.acm.org/citation.cfm?id=1124604.1124607&coll=GUIDE&dl=GUIDE&CFID=67574846&CFTOKEN=5012311. 2006

Linacre, John Michael. Visual Analog Scales. http://www.rasch.org/rmt/rmt122s.htm
Matthew O., dkk. Reliability of Rating Low Back Pain with a Visual Analogue Scale and a Sematic Differential Scale. http://www.informaworld.com/smpp/content~content=a714036124~db=jour. 2004

Moody, Donelda Gowan. Massage Therapy Research & Outcome Measurement : Pain Rating. http://massagetherapypractice.com/index.php?action=Text&content=1183315077468-6164&module=Website&parentContent=1164930017769-4776. 2007

No comments:

Post a Comment

..::klik untuk One 4 Share versi mobile ::.. _ __