..:: klik untuk One 4 Share versi mobile ::.. ..:: Di sini, Rp 10.000,- bekerja untuk Anda ::..

Monday, May 31, 2010

Misteri Bola Cahaya

misteri bola cahaya

Selama ratusan tahun, saksi mata melaporkan pandangan singkat benda elektrik seukuran bola tenis. Namun peneliti tidak mampu memahami mengapa benda bersinar ini muncul. Bola cahaya ini dilaporkan sering muncul selama badai dan diketahui beberapa petir kuat berturut-turut dapat menciptakan medan magnet yang besar.







Joseph Peer dan Alexander Kendl dari University of Innsbruck, Austria, bertanya-tanya apakah bola bercahaya ini benar-benar halusinasi yang disebabkan stimulasi magnetik terhadap korteks penglihatan pada otak ataupun retina mata.

Di eksperimen sebelumnya, beberapa peneliti telah menggunakan medan magenetis yang kuat dan berubah cepat dengan mesin medis yang disebut Transcranial Magnetic Stimulator (TMS). Mesin magnetik ini cukup kuat untuk menginduksi arus listrik di sel otak manusia tanpa membahayakan.

Medan magnet di korteks penglihatan pada otak bisa menyebabkan subyek dapat melihat obyek cakram ataupun garis. Saat fokus tersebut bergerak di dalam korteks visual, subyek melaporkan telah melihat perpindahan cahaya.

Dalam makalah mereka yang muncul di situs penelitian fisika arXiv.org, Peer dan Kendl berargumentasi bahwa ladang magnetis ini membuat pencahayaan yang memiliki efek yang sama saat menggunakan mesin TMS pada manusia.

Penelitian mendapatkan argumen yang meyakinkan bahwa beberapa bola bersinar yang dilaporkan, adalah dorongan dari halusiniasi, kata John Abrahamson, ahli kimia dan bola bersinar di University of Canterbury, Selandia Baru, yang tidak ikut serta dalam penelitian ini.

“Namun saya tidak dapat percaya bahwa sebagian besar gambar yang dilaporkan adalah bola bersinar akibat pengaruh otak,” kata Abrahamson lewat email.

sumber:inilah.com

No comments:

Post a Comment

..::klik untuk One 4 Share versi mobile ::.. _ __