..:: klik untuk One 4 Share versi mobile ::.. ..:: Di sini, Rp 10.000,- bekerja untuk Anda ::..

Thursday, July 1, 2010

Menangis bisa bikin mata Sipit ??

Beberapa hari yang lalu, seorang teman bertanya, "Apakah mata sipit adalah salah satu akibat dari sering menangis?" hm.. pertanyaan yang dianggapnya aneh.. tapi.. apakah se aneh itu? ataukah kalimat fiksi : "menangis bisa bikin mata sipit" atau dengan kalimat lain "salah satu penyebab mata sipit adalah menangis" ini benar-benar Fiksi atau sebaliknya??


mari kita kaji dalam disini okey.. mari di awali dari sebuah cerita yang saya kutip dari kaskus, begini ceritanya;




Suatu ketika ada seorang anak yg bertanya kepada kakeknya.
"kek, knapa sih ko jaman sekarang kebanyakan orang cina yang jadi bos dan orang pribumi jadi pegawainya semua ?"

Gini cucuku, zaman dahulu kala.
Nenek moyang orang cina itu dibuang di hutan, lalu dia berdoa kepada Tuhan agar esok kelak keturunannya tidak seperti dia di buang di hutan dan dia ingin keturunannya sukses.

Nenek moyang cina itu akhirnya terus - menerus berdoa sampai menangis dan air matanya mengering dan matanya menjadi sipit.

Dan anda lihat saja hasilnya sekarang,
Orang cina pada sipit dan banyak yang sukses.
====
NB: bukan bermaksud SARA lho ya.. hanya sebuah joke yang dikutip.. (peace... ^_^)


Mari kita lihat, bagaimana raut muka orang yang sedang menangis.. biasanya kan memang matanya menyipit. Dan kalo terlalu lama menangis, bagi sebagian orang, mata-nya akan membengkak. Eh, maksudnya akan terbentuk kantung mata, jadi MATA kelihatan SIPIT...

Trus, mari kita lihat dari sudut pandang lain yang agak lebih dalam (hehe..). Saya namakan penjelasan berikut sebagai "teori kebiasaan" (kaya prof. aja..);

==
pada orang yang menangis, mata / kelopak mata tidak akan terbuka sepenuhnya. kelopak mata akan sedikit menutup (mata menyipit) dan menjadi sering berkedip (tapi mungkin si pelaku, tidak sadar bahwa ia berkedip. hal itu untuk memperlancar keluarnya air mata, seperti saat mata kemasukan 'sesuatu'.

Nah kebiasaan menangis akan membuat otot-otot sekitar mata tersebut menjadi terbiasa juga untuk pada posisi "menyipit". otot-otot tersebut akan beradaptasi / merasa nyaman pada posisi tersebut, sehingga terjadilah mata sipit.

==

hm.. begitulah kiranya kejadian mata sipit oleh karena sering menangis. Tapi ingat, yang utama / faktor utama mata sipit adalah keturunan. Selain itu, bisa juga karena gemuk -asumsinya banyak orang gemuk bermata sipit- dan lain sebagainya... ^_^


jadi, selamat mencoba,, ==> cara instan menjadi sipit adalah dengan menangis (ya.. tentu saja waktu menangis, mata jadi sipit).

3 comments:

  1. bagaimana kalau menangisnya sambil merem

    ReplyDelete
  2. Btul Tuch nnti MLah TMbah Spit.......,

    ReplyDelete
  3. tambah ga kelihatan... ditinggal pergi ngga tahu... hehe...

    ReplyDelete

..::klik untuk One 4 Share versi mobile ::.. _ __