..:: klik untuk One 4 Share versi mobile ::.. ..:: Di sini, Rp 10.000,- bekerja untuk Anda ::..

Monday, March 28, 2011

GATAL menular lewat Pandangan


Tak hanya menguap saja yang menular, rasa gatal pun juga menular. Penelitian mengungkap bahwa Gatal dapat dirasakan / menular hanya dengan melihat orang lain menggaruk.
Peneliti mengujikan 25 sukarelawan dengan memperlihatkan kepada mereka video berdurasi 5 menit. Vidio terssebut berisi seseorang yang sedang menggaruk-garuk tubuhnya. Ternyata video itu mampu menginduksi dan membuat para sukarelawan merasa gatal dan menggaruk tubuhnya.

*

Meskipun peneliti memberikan sebuah cairan di salah satu bagian tubuh sukarelawan untuk memperbesar induksi rasa gatal agar muncul di tempat itu, tapi ternyata rasa gatal yang muncul tak hanya di bagian tubuh yang diolesi dengan cairan tersebut.

"Hasil penelitian kami memperlihatkan bahwa semestinya ada sebuah mekanisme otak pusat yang bertanggung jawab dalam membangkitkan sensasi gatal," kata Dr Gil Yosipovitch, pemimpin riset yang kini telah dipublikasikan secara online di jurnal British Journal of Dermatology.

Kemungkinan, kata Yosipovitch, terdapat beberapa input sensor yang bisa menyebabkan timbulnya rasa gatal, tak hanya terbatas dari stimuli gatal saja. Input sensoris itu bisa salah tafsir, sehingga menimbulkan rasa gatal.

"Sepertinya batasan sehingga timbulnya rasa gatal begitu tipis, ketika terdapat sugesti dalam bentuk visual, bahkan dengan hanya membaca atau memikirkannya," kata Yosipovitch.

Nina Goad, peneliti dari British Association of Dermatologists mengatakan bahwa riset ini menunjukkan betapa besar pengaruh pikiran manusia pada sensasi tubuh manusia.

"Ini adalah penelitian yang menakjubkan dalam meneliti efek dari kekuatan akal pikiran terhadap sensasi tubuh seperti rasa gatal.”

Sumber: telegraph.co.uk dan vivanews.com

*Butik Online ( tinyurl.com/TokoCewek ) *** TIPS n TRIK Bisnis Online ( tinyurl.com/cuma50saja )-

No comments:

Post a Comment

..::klik untuk One 4 Share versi mobile ::.. _ __