..:: klik untuk One 4 Share versi mobile ::.. ..:: Di sini, Rp 10.000,- bekerja untuk Anda ::..

Wednesday, April 6, 2011

CINTA = Penawar Nyeri


Ilmuan menemukan bahwa CINTA dapat membantu mengurangi rasa sakit / nyeri. Scan otak memperlihatkan banyak area yang biasanya terlibat dalam respon nyeri juga teraktivasi oleh CINTA (pemikiran tentang cinta).

Peneliti universitas Stanford memberikan 15 siswanya rasa nyeri ringan, dan mengamati apakah mereka terusik saat memandangi foto orang yang mereka cintai.



Penelitian ini difokuskan kepada orang yang baru saja jatuh cinta, sehingga “obat CINTA”-nya masih “kuat”.

Penelitian ini menggunakan "functional magnetic resonance imaging" (fMRI) untuk mengukur aktivitas otak saat itu juga di beberapa bagian otak yang berbeda.
Telah diketahui bahwa rasa CINTA yang kuat berkaitan erat dengan aktivitas beberapa bagian otak yang berbeda. Termasuk diantaranya berhubungan dengan zat dopamine di otak yang menimbulkan rasa nyaman di otak karena stimulasi tertentu –seperti makan makanan manis hingga mengkonsumsi kokain.

“Menyala”

Peneliti dari Universitas Stanford mengemukakan bahwa saat kita merasa nyeri, beberapa area di otak yang sama “menyala” (dilihat dengan Scan otak) dan mungkin satu bagian otak akan mempengaruhi bagian otak yang lainnya.

Mereka merekrut puluhan siswa yang sedang berpacaran untuk pertamakalinya dengan masa pacaran 9 bulan. Mereka menyebutnya fase awal CINTA.
Setiap siswa diminta untuk membawa gambar benda kesayangan mereka dan foto kekasih mereka.
Saat otak mereka di-SCAN, mereka diperlihatkan gambar-gambar tersebut, di waktu yang sama komputer mengontrol bantalan panas yang di taruh di telapak tangan mereka yang menimbulkan sedikit rasa nyeri / nyeri ringan pada tengan mereka.
Peneliti menemukan bahwa melihat gambar orang yang dicintai mengurangi persepsi nyeri lebih banyak dibandingkan melihat gambar orang yang dikenalnya.
Salah seorang peneliti, Dr Jarred Younger, berkata bahwa “CINTA menimbulkan Analgesi” yang bekerja seperti obat anti nyeri.

Penting juga untuk diketahui bahwa orang yang merasa sendiri / kesepian dan mengalami depresi memiliki ambang nyeri yang sangat rendah.


Dari: bbc.co.uk
Butik Online ( tinyurl.com/TokoCewek )***TIPS n TRIK Bisnis Online ( tinyurl.com/cuma50saja )
**

No comments:

Post a Comment

..::klik untuk One 4 Share versi mobile ::.. _ __