..:: klik untuk One 4 Share versi mobile ::.. ..:: Di sini, Rp 10.000,- bekerja untuk Anda ::..

Tuesday, April 5, 2011

“Sleep Learning” - Belajar ketika TIDUR


Sangat penting membedakan “sleep learning” yang terjadi selama kita tidur dengan proses pembelajaran normal. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa tidur malam yang bagus membantu proses belajar. Tidur membantu kita dalam mempelajari informasi yang kita peroleh selama kita bangun (tidak tidur). Beberapa orang berspekulasi bahwa salah satu fungsi tidur adalah agar otak manusia mengorganisasi / menata informasi yang diperoleh seharian ke dalam memori.



Hypnopaedia

“Sleep learning” juga dikenal dengan sebutan “hypnopaedia”, akan tetapi sebenarnya keduanya berbeda. “Sleep learning” merupakan proses belajar SELAMA tidur, bukannya merangkai informasi yang didapatkan seharian. Memanfaatkan jam-jam malam dengan “Sleep learning” (belajar selama anda tidur) seperti ini dapat mempercepat proses pembelajaran.

Sebagian besar metode “Sleep learning” saat ini memakai rekaman audio / suara. Hal ini mengulangi informasi atau afirmasi selama kursus di malam hari. Beberapa rekaman audio tersebut mengandung pernyataan sederhana, rekaman lain memasukan induksi hipnotis. Beberapa rekaman juga merupakan musik yang beberapa diantaranya memiliki informasi tersembunyi.


“Sleep learning” secara teoritis dapat dimanfaatkan untuk keperluan apapun, bagaimana pun pemanfaatan “Sleep learning” yang pelaing umum adalah untuk mempelajari bhasa dan mengubah kebiasaan buruk. Belakangan ini “Sleep learning” seringkali dihubungkan dengan self-hypnosis.


Berlanjut ke :: “Sleep Learning” Akhirnya Terbongkar
Dari: http://www.here-be-dreams.com



**

2 comments:

  1. oo dikira teh mimpi belajar atau mimpi sekolah

    ReplyDelete
  2. yups.. sebenarnya jg sangat bermanfaat untuk pelajar bro... "membantu" materi masuk ke dalam memori dan mempermudah materi yg tersimpan tsbt untuk di recall kembali.. ^_^

    ReplyDelete

..::klik untuk One 4 Share versi mobile ::.. _ __