..:: klik untuk One 4 Share versi mobile ::.. ..:: Di sini, Rp 10.000,- bekerja untuk Anda ::..

Tuesday, May 31, 2011

Kopi dan Resiko Kanker Prostat

Minum enam cangkir kopi sehari, dapat mengurangi kemungkinan kanker prostat berkembang fatal hingga 60 persen, menurut sejumlah penelitian. Para peneliti menemukan bahwa peminum berat kopi terhindar hingga 20 persen dari penyakit secara keseluruhan.

Namun bagi wujud lebih agresif yang menyebar ke seluruh tubuh, angka itu tiga kali jumlah tersebut.



Bahkan jumlah yang relatif lebih sedikit—antara satu hingga tiga cangkir per hari—dapat pula menurunkan resiko kanker prostat mematikan hingga 30 persen.

Kopi yang kaya akan antioksidan dan antiflamasi, terkait erat dengan pengurangan resiko kanker sebelumnya, namun penelitian ini menunjukkan pengaruh paling besar.

Hubungan tersebut nampaknya tidak terkait dengan kafein, karena tidak ada bedanya apakah peserta minum kopi berkafein atau bebas kafein.

Para ilmuwan yakin hal tersebut kemungkinan karena antioksidan dan kandungan kimia alami dalam kopi diketahui memiliki manfaat kesehatan, termasuk memerangi peradangan dan mengatur hormon insulin.

Penelitian yang dilaporkan dalam jurnal National Cancer Institute ini, melibatkan hampir 45.000 orang pekerja kesehatan AS, dengan laporan konsumsi kopi mereka setiap empat tahun, sejak 1986—2008.

Selama periode ini, 5.035 pria didiagnose terserang kanker prostat, termasuk 642 fatal atau ‘metastasis’ dengan kassu dimana tumor tersebut menyebar ke bagian tubuh berbeda.

Dilansir Telegraph (15/5), Dr. Kathryn Wilson, peneliti utama dari Harvard School of Public Health, Boston, mengatakan, “Saat ini kita kurang pemahaman tentang faktor resiko yang dapat diubah atau dikontrol untuk menurunkan resiko kanker prostat mematikan.”

“Jika temuan kami divalidasi, kopi bisa merupakan salah satu faktor yang dapat diubah untuk menurunkan resiko berkembangnya bentuk lain dari bahaya kanker prostat.”

“Temuan ini sangat penting, saat ini ada beberapa faktor yang dapat diubah terkait dengan suatu resiko lebih rendah dari kanker prostat lanjutan atau mematikan.”

“Pencegahan kanker prostat agresif berpotensi meningkatkan morbiditas dan kematian diantara manusia,”

Penelitian ini merupakan bagian dari penyelidikan kesehatan masyarakat berskala besar yang disebut Health Professionals Follow-Up Study.

Minum kopi terlkait dengan faktor gaya hidup yang dapat bekerja melawan efek perlindungan dan peningkatan resiko kanker prostat, menurut temuan penelitian ini.

Pria peminum kopi lebih mungkin merokok dibandingkan non-peminum kopi, dan kecil kemungkinannya melakukan berolahraga.
Setiap tahun sekitar 37.000 orang didiagnosis terkena kanker prostat di Inggris dan beberapa yang mengalami kematian diantara 10.000 orang berpenyakit ini.


Sumber: erabaru.net
_____

_____

No comments:

Post a Comment

..::klik untuk One 4 Share versi mobile ::.. _ __