A. NEONATAL
crossed ekstensor : natal – 2 bulan
flexor withdrawal: natal – 2 bulan
extensor thrust : natal – 2 bulan
moro : natal – 6 bulan
walking reflek : natal – 6 bulan
grasp reflek : natal – 6 bulan
B. POSTURAL
Supporting reaction : natal – 2 bulan
Tonic labyrinthine : natal – 6 bulan
ATNR : 2 bulan – 6 bulan
STNR : 4 bulan – 10 bulan
C. RIGHTING & PROTECTIVE
Neck : natal – 6 bulan
Labyrinthine : 2 bulan – akhir hayat
Landau : 3 bulan – 2 tahun
Optical : 7 bulan – akhir hayat
Body on body : 7 bulan - akhir hayat
Protective extention foward : 6 bulan – akhir hayat
Protective extention sideways : 8 bulan – akhir hayat
Protective extention backward : 10 bulan – akhir hayat
Prone Equilibrium : 6 bulan – akhir hayat
Supine & sitting Equilibrium : 7 bulan – akhir hayat
All-four Equilibrium : 9 bulan – akhir hayat
Standing Equilibrium : 12 bulan – akhir hayat
ü 0 – 4 minggu
~ didominasi posisi flexi
~ gerak didominasi reflek primitif (moro, grasp, walking reflek, dll. )
ü 1 – 2 bulan
~ posisi flexi menurun
~ mulai bisa mengangkat kepala sendiri
ü 2 bulan
~ angkat kepala pada posisi tengkurap15 - 45 derajad
ü 3 bulan
~ angkat kepala sendiri pada posisi tengkurap 45 - 90 derajad
ü 4 bulan
~ angkat kepala pada posisi tengkurap dengan tumpuan lengan bawah
~ tangan ke midline
~ pull to sitting, kepala segaris dengan leher
~ tengkurap sendiri, kadang bisa telentang sendiri
ü 5 bulan
~ angkat kepala pada posisi tengkurap dengan baik
~ angkat panggul pada posisi tengkurap
~ berguling, miring
~ tengkurap, angkat badan dengan lurus
~ tengkurap – telentang sendiri
~ menggapai dengan 1 tangan pada posisi tengkurap
ü 6 bulan
~ duduk dengan kedua tangan menumpu di depan
~ berguling dari tengkurap ke telentang
~ membawa kedua kaki ke mulut
~ helps pull self to sitting
~ posisi airplane
ü 7 bulan
~ berputar dan mendorong diri ke belakang untuk telentang
~ bangkit duduk dengan kepala tegak
~ merayap
ü 8 bulan
~ merangkak
~ duduk tanpa support
~ belajar berdiri
ü 9 – 10 bulan
~ menggapai benda pada posisi duduk
~ berdiri dengan pegangan
ü 10 – 12 bulan
~ bangun sendiri untuk berdiri
~ belajar berjalan dengan dipegangi
~ dapat duduk sendiri
ü 12 bulan
~ berdiri ke duduk
~ berjalan dengan pegangan
~ merambat
ü 13 bulan
~ berjalan sendiri, high guard
ü 15 bulan
~ bangkit sendiri untuk berdiri
~ turun dari kursi dengan menghadap kursi
~ merambat naik ke kursi
~ berlutut dengan pegangan
ü 17 – 19 bulan
~ berjalan dengan baik
~ naik tangga dengan berpegangan
~ berlutut tanpa menyangga
ü 19 – 24 bulan
~ berdiri
~ naik turun tangga
~ menendang bola ke depan
ü 2 – 2,5 tahun
~ loncat di tempat dengan kedua tungkai bersamaan
~ melempar bola
ü 2,5 – 3 tahun
~ naik – turun trap dengan kedua tungkai bergantian
~ naik sepeda roda tiga
ü 3 tahun
~ berdiri sesaat dengan satu tungkai
~ berjaln dengan sempurna
~ melompat satu-satu
ü 4 tahun
~ berdiri satu tungkai 3-10 detik
~ melompat dengan satu kaki
~ lompatan lebar
ü 5 tahun
~ melompati tali setingggi lutut
~ menangkap bola
~ berjalan jinjit
ü 1 bulan
~ bereaksi terhadap bel
~ tangan saling bersentuhan
~ tangan menggenggam, ibu jari bebas
~ menjatuhkan benda yang dipegang
ü 2 bulan
~ menggenggam pada posisi pronasi (memutar tangan / lengan ke arah dalam )
ü 2 – 3 bulan
~ memegang mainan kuat
~ melepas mainan yang dipegang secara involunter
~ melihat kedua tangan
ü 3 bulan
~ mempertahankan kericikan yang dipegang
~ mengguncangkan mainan
~ memegang botol minumannya
~ menghisap jari
ü 4 bulan
~ menjangkau dengan dua tangan
~ mendekapkan kedua tangan
~ melihat manik-manik
~ mengambil benda
ü 5 bulan
~ menjatuhkan / melempar benda yang dipegang
~ memegang kubus
~ benda yang dilihat akan diambil
ü 6 bulan
~ menggenggam botol dengan palmar grasp
~ jangkauan penglihatan langsung
ü 7 bulan
~ menggenggam benda pada posisi supinasi
~ menggenggam dengan wrist lurus
~ bermain dengan kedua tangan
~ duduk mencari benang
~ duduk mengambil 2 benda
~ dapat mengambil manik-manik
ü 8 bulan
~ memindahkan benda ke tangan yang lain
~ melampar benda
~ mengambil benda menyilang dalam posisi rendah
ü 9 bulan
~ mengeluarkan benda dari wadah yang besar
~ melepas mainan dan melihatnya
~ memegang dengan ibu jari dan ke 4 jari
ü 10 – 11 bulan
~ memegang benda sejalan dengan penglihatan
~ membenturkan 2 benda yang dipegang
ü 12 – 15 bulan
~ mengambil benda dengan menjimpit
~ membuat menara dari 2 kubus
ü 15 – 18 bulan
~ memegang pensil dengan kaku
~ mencoret – coret
~ mengeluarkan manik-manik dari botol dengan contoh
~ menutup dan mebuka botol
ü 18 bulan – 2,5 tahun
~ memegang pensil dengan posisi pronasi
~ meniru garis vertikal
~ menyusun balok sampai 8 buah
~ membuat 2 garis sejajar
ü 2,5 – 3 tahun
~ dapat menggunting
~ mencontoh lingkaran
~ membuat jembatan
ü 4 tahun
~ merangkai tasbih
~ membedakan garis pendek dan panjang
~ meniru garis menyilang
ü 5 tahun
~ memegang pensil dengan tripod yang dinamis
~ menggambar orang, 3 bagian
~ meniru menggambar segi empat
ü 15 bulan
~ menyusun 2 kubus dengan contoh
ü 18 bulan
~ menyusun 3 kubus
ü 2 tahun
~ meniru membuat garis vertikal
~ menyusun 6 kubus
ü 2,5 tahun
~ meniru membuat garis horizontal
ü 3 tahun
~ meniru membuat lingkaran
~ menyusun 9 kubus
ü 3,5 tahun
~ menyusun jembatan dari 3 kubus
ü 4 tahun
~ meniru garis menyilang
ü 5 tahun
~ meniru menggambar segi empat
ü 5,5 tahun
~ meniru membuat segitiga
ü 7 tahun
~ meniru membuat diamond (segi enam)
ü 1 bulan
~ mengoceh
ü 2 bulan
~ mengetahui arah bunyi / melokalisir sumber bunyi
ü 3 – 4 bulan
~ tertawa
~ berteriak
~ menoleh ke sumber suara
~ tertarik pada suara
ü 5 – 6 bulan
~ mulai mengenal intonasi suara
~ sensitif pada intonasi dan musik
~ meniru suara / kata-kata
ü 6 – 9 bulan
~ memperhatikan dan menyimak suara
~ mengucap da-da ma-ma
ü 9 – 12 bulan
~ mengetahui arah sumber suara yang tidak terlihat
~ mengucapkan “papa, mama“ berpengertian
ü 15 bulan
~ mengucapkan 2-6 suku kata tunggal
ü 18 bulan
~ mengenal 20-22 kata
ü 2 tahun
~ mengikuti irama
~ mengikuti mengucap sajak anak-anak
~ menyebut 1 bagian tubuh
~ menyebut 1 gambar
~ menikuti perintah ( 2 dari 3 )
ü 3 tahun
~ menggunakan kata ganti dan kata majemuk
~ bertanya dengan “apa, siapa dan dimana”
~ menggunakan kata kerja
~ menyebut nama dan nama anggota keluarga
ü 4 – 5 tahun
~ bisa bercerita
~ memainkan peran suatu cerita
~ mengenal warna
~ mengetahui lawan kata ( 2 dari 3 )
ü 5 tahun
~ lancar berbicara
~ mengartikan kata
~ mengarang
ü 1 bulan
~ mata dan kepala bergerak bersama
~ melihat garis hitam, tebal 0,3 cm, jarak 25 cm
ü 1,5 bulan
~ mengikuti bayangan benda kecil, jarak 22-30 cm
ü 2 – 4 bulan
~ menatap tantgan
~ mata mengikuti gerakan benda 180 derajad
~ tertarik pada warna terang dan cahaya
~ penglihatan meneropong
~ mengenal anggota keluarga, jarak 182 cm
ü 5 – 6 bulan
~ ada asosiasi antara sentuhan dan penglihatan
~ menggunakan mata untuk eksplorasi
~ menggunakan mata secara bebas tanpa gerakan kepala
~ mengenal orang lain, jarak 6 m
~ mampu melihat lingkaran berdiameter 5 cm, jarak 3 m
~ mampu melihat garis hitam setebal 0,04 cm, jarak 25 cm
ü 9 – 12 bulan
~ mengikuti gerakan benda
ü 12 – 18 bulan
~ menghasilkan bentuk tetap
ü 4 tahun
~ menghubungkan konsep benda keseluruhan
Denver Developmental Screening Test, terjemahan Soatjiningsih. 1978
Takarini, Nawangsasi. Perkembangan Bahasa. 2008.
Takarini, Nawangsasi. Perkembangan Keterampilan Melempar. 2008.
Takarini, Nawangsasi. Perkembangan Keterampilan Tangan. 2008.
Takarini, Nawangsasi. Tahapan Tumbuh Kembang Normal. 2008.
Wahyono, Yulianto. FT Pediatri D-4. 2008.
isi nya cukup bagus.mudah2an blog ini gak fakum.mas klu bisa isi tentang reflex fisiologis dan patologis pada anak. blog ini akan meningkatkan mutu fisioterapi indonesia.makasih banyak mas.smg tuhan membalas kebaikan ilmu mas ini.amin.
ReplyDeletetrimakasih al_singkili...
ReplyDeleteya mungkin bulan depan insya-Alloh saya usakan posting tentang reflex2 tersebut....
salam kenal ...