..:: klik untuk One 4 Share versi mobile ::.. ..:: Di sini, Rp 10.000,- bekerja untuk Anda ::..

Monday, February 21, 2011

MEDITASI

Sebagian orang menganggap bahwa meditasi adalah ritual ke-agama-an tertentu, suatu bentuk ibadah / doa. Akan tetapi bukan seperti itu, meditasi bukan merupakan suatu ritual ke-agama-an tertentu, suatu bentuk ibadah maupun doa.

Meditasi berarti “kesadaran”. Apapun yang kita lakukan dengan kesadaran adalah meditasi. Memperhatikan keluar masuknya nafas ke dalam paru-paru, mendengarkan burung berkicau, membaca buku, menulis, itu semua merupakan meditasi. Selama berbagai bentuk kegiatan tersebut bebas dari gangguan yang dapat mengganggu pikiran, hal-hal itu dapat menjadi sebuah meditasi yang efektif.

***



***

MEDITASI menurut asal katanya, terdiri dari dua kata dalam bahasa latin, meditasi (berpikir, melatih pikiran) dan mederi (menyembuhkan). Sedangkan dalam bahasa Sansekerta disebut “medha” yang berarti bijaksana / kebijaksanaan.

MEDITASI merupakan proses untuk mengetahui siapa diri kita sebenarnya. Kenyataannya, diri kita yang sebenarnya hanyalah “kesadaran”. Diri kita bukan tubuh, bukan pikiran, diri kita hanyalah sebuah kesadara yang merasakan dan menyaksikan segala sesuatu yang kita perankan diseluruh kehidupan kita. Kesadaran ini pada hakikatnya adalah kedamaian, ketenangan dan selalu muda. Dan meditasi adalah proses untuk memahami kesadaran ini didalam diri kita.

Meditasi adalah seni menciptakan ketenangan pikiran dan mendengarkan suara keheningan. Meditasi adalah mendengarkan dan benar-benar memperhatikan apa yang telah TUHAN berikan untuk kita.

Jadi secara UMUM, MEDITASI adalah seluruh aktivitas yang kita lakukan dengan penuh kesadaran. Adapun bentuk-bentuk meditasi dengan cara-cara tertentu merupakan meditasi khusus. TIDAK ADA meditasi TANPA KESADARAN.


MANFAAT MEDITASI

Meditasi memiliki berbagai manfaat, berikut ini sya kutip langsung, ringkasaan manfaat meditasi yang dikemukakan oleh Mahathera:


1. Apabila saudara seorang yang sibuk, meditasi dapat membantu saudara untuk mengatasi stress dan menemukan relaksasi.
2. Apabila saudara seorang yang sering khawatir, meditasi dapat menenangkan saudara dan membantu saudara menemukan kedamaian batin.
3. Apabila saudara adalah seorang yang diliputi problema tak berkesudahan, meditasi dapat membantu saudara untuk mengembangkan ketabahan dan kekuatan dalam menghadapi dan mengatasi problema tersebut.
4. Apabila saudara kurang percaya diri, meditasi dapat membantu saudara untuk memiliki percaya diri yang merupakan kunci kesuksesan.
5. Apabila saudara memiliki ketakutan dalam batin, meditasi dapat membantu saudara untuk mengerti hakekat sesungguhnya dari problema yang menakutkan saudara, kemudian saudara dapat mengatasi ketakutan dalam batin saudara tersebut.
6. Apabila saudara selalu tidak puas terhadap segala sesuatu dan tak satupun dalam kehidupan ini yang nampak memuaskan, meditasi dapat memberikan peluang kepada saudara untuk mengembangkan dan memelihara kepuasan batin.
7. Apabila saudara diliputi keraguan skeptis dan tidak tertarik dengan cara hidup religius, meditasi dapat membantu saudara dalam mengatasi keraguan dan membantu saudara dalam melihat nilai bermanfaat dalam bimbingan religius.
8. Apabila saudara frustrasi dan patah hati karena kurangnya pengertian akan ketidakpastian hidup dan dunia, meditasi sesungguhnya dapat membimbing dan membantu saudara untuk mengerti sifat ketidakkekalan kondisi-kondisi duniawi.
9. Apabila saudara seorang kaya, meditasi dapat membantu saudara untuk merealisasi sifat alamiah kekayaan saudara dan bagaimana menggunakan kekayaan tersebut bukan hanya untuk kebahagiaan saudara, tetapi juga untuk kebahagiaan mahluk lainnya.
10. Apabila saudara seorang yang miskin materi, meditasi dapat membantu saudara untuk mengembangkan kepuasan dan tidak beriri hati terhadap mereka yang lebih kaya dibandingkan saudara.
11. Apabila saudara seorang muda yang berada di persimpangan jalan kehidupan, dan saudara tidak mengetahui jalan mana
12. yang akan diambil, meditasi dapat membantu saudara ke arah jalan yang benar untuk mencapai tujuan yang saudara pilih.
13. Apabila saudara seorang yang sudah berumur yang sudah makan asam garam kehidupan, meditasi dapat membawa saudara kepada pengertian yang lebih dalam tentang kehidudupan; pengertian ini selanjutnya akan mengobati derita dan meningkatkan kebahagiaan hidup.
14. Apabila saudara seorang yang bertemperamen panas, dengan bermeditasi saudara dapat mengembangkan kekuatan untuk mengatasi kelemahan dari amarah, kebencian dan dendam sehingga menjadi lebih tenang dan menjadi orang yang sabar.
15. Apabila saudara pencemburu, meditasi dapat membantu saudara agar dapat mengerti bahwa kecenderungan batin yang negatif tidak akan pernah menyumbangkan manfaat apapun bagi saudara.
16. Apabila saudara tidak dapat mengurangi keterikatan akan nafsu indera, dengan meditasi saudara dapat belajar bagaimana menjadi pakar pengendali nafsu indera.
17. Apabila saudara terikat pada minuman memabukkan, dengan bermeditasi saudara dapat mengatasi kebiasaan buruk yang menjerumuskan saudara.
18. Apabila saudara adalah seorang yang berpikiran sempit/picik, meditasi dapat membantu saudara untuk mengembangkan pengertian bahwa akan sangat bermanfaat bagi saudara dan teman saudara dan keluarga apabila menghilangkan salah pengertian.
19. Apabila saudara sangat kuat dipengaruhi emosi, dengan bermeditasi emosi saudara tidak akan memiliki kesempatan untuk menjerumuskan saudara.
20. Apabila saudara menderita karena penyakit tertentu seperti kehancuran batin, meditasi dapat mengaktifkan kekuatan positif dalam batin dan jasmani saudara untuk memulihkan kesehatan, khususnya apabila bagi yang mengalami masalah psikosomatis.
21. Apabila saudara seorang yang berpikiran lemah atau rendah diri/minder, meditasi dapat menguatkan pikiran saudara untuk mengembangkan usaha dalam mengatasi kelemahan saudara.
22. Apabila saudara seorang yang bijaksana, meditasi akan membimbing saudara kepada kebijaksanaan agung. Kemudian saudara akan memandang segala sesuatu sebagaimana hakekat yang sesungguhnya, dan tidak sebagaimana ‘nampaknya.’







MEDITASI DAN REIKI


Meditasi merupakan suatu hal yang melengkapi reiki dan dikerjakan oleh murid-murid Dr. Usui setiap kali mereka belajar reiki di kelas. Meditasi memperdalam dan memperkuat koneksi kita dengan energi, menjadikan kita lebih sensitif / peka terhadap reiki dan meningkatkan kemampuan dalam menyalurkan energi reiki. Meditasi juga berfungsi untuk memperkuat energi kita, meningkatkan vibrasi energi, serta membersihkan jalur energi kita (termasuk cakra), baik yang di dalam tubuh maupun yang di luar tubuh.

Dalam reiki terdapat berbagai bentuk meditasi, diantaranya meditasi Gassho, Joshin Kokyu Ho, Hatsurei Ho, Reiki Shower, Grounding, meditasi Kundalini, dan lain sebagainya.


PENTING


Meditasi hanya merupakan SARANA, segala sesuatu tidak akan dapat terjadi bila TUHAN berkehendak lain. TIDAK ADA DAYA DAN KEKUATAN TANPA SEIJIN TUHAN. Maka dalam bermeditasi, PASRAH-kan semuanya kepada TUHAN dan SYUKURI apapun yang TUHAN berikan kepda kita.

Referensi:
Admin. Meditation: What it is !!!. http://www.healthandyoga.com/html/meditation.html
Admin. What is Meditation. http://www.meditationiseasy.com/mCorner/what_is_meditation.htm
Admin. Reiki Meditation Page. http://learnreiki.tripod.com/grassrootsreiki/id6.html
Chizik, Yelena. Reiki Meditation. http://www.selfgrowth.com/articles/reiki_meditation
Gaia, Laurrelle Shanti. Reiki and Meditation. http://www.reiki.org/reikinews/reikimeditation.html
Mahathera, Ven. K. Sri Dhammananda. Manfaat Meditasi. http://www.ksridhammananda.com/pdf/15-04/benefitofmedi.pdf

No comments:

Post a Comment

..::klik untuk One 4 Share versi mobile ::.. _ __