..:: klik untuk One 4 Share versi mobile ::.. ..:: Di sini, Rp 10.000,- bekerja untuk Anda ::..

Wednesday, March 18, 2009

Fisioterapi

Fisioterapi



Fisioterapi adalah bentuk pelayanan kesehatan yang ditujukan kepada individu dan atau kelompok untuk mengembangkan, memelihara dan memulihkan gerak dan fungsi tubuh sepanjang daur kehidupan dengan menggunakan penanganan secara manual, peningkatan gerak, peralatan (fisik, elektroterapeutis dan mekanis), pelatihan fungsi, komunikasi. (SK MenKes No. 1363/MENKES/SK XII/2001)

Dalam hubungannya dengan penurunan hiperkolesterol, Fisioterapis akan sangat membantu dalam menentukan jenis aktivitas latihan / olahraga yang sesuai dengan keadaan Anda saat ini.






Beberapa hal yang perlu diperhatikan, dalam berolahraga;

• Usia
Usia berpengaruh pada keadaan dan kemampuan fisik seseorang. Agar olahraga bermanfaat secara optimal, maka dalam berolahraga harus tercapai yang disebut denyut nadi latihan.
Denyut nadi latihan (DNL) merupakan jumlah denyut nadi yang harus dicapai agar olahraga yang Anda lakukan tidak sia-sia. Untuk mengetahui berapa target DNL maka perlu diketahui terlebih dahulu DNM (denyut nadi maksimal)
DNM ditentukan dari usia Anda saat ini, misalkan Anda berusia 30 tahun maka;

DNM = 220 – (usia) + 8
DNM = 220 – 30 + 8
DNM = 190 + 8 denyut tiap menit

Setelah diketahui DNM, baru bisa ditentukan berapa target DNL Anda.

DNL = 60% - 80% x DNM

Pada awal-awal memulai aktivitas olahraga, sangat disarankan untuk mencapai target DNL yang 60 %, baru kemudia ditingkatkan menjadi DNL yang 80 %.
Jadi bila diteruskan dengan contoh tadi, maka DNL 60% Anda adalah ;

DNL = 60% x 190
DNL = 114 denyut tiap menit.


Perhitungan di atas hanya ditujukan untuk Anda yang sehat ( tidak menderita penyakit seperti DM, penyakit jantung, penyakit paru, dll.). Untuk Anda yang menderita, sebaiknya berkonsulatasi terlebih dulu ke dokter dan fisioterapis.




*

• Frekuensi latihan
Menurut berbagi penelitian, olahraga akan efektif jika dilakukan minimal 3 kali seminggu dengan lama latihan masing-masing satu jam (60 menit).
Namun hal itu akan lebih efektif lagi jika dikerjakan setiap hari dengan lama latihan minimal 15 menit.

=>> REFERENSI TENTANG KOLESTEROL

No comments:

Post a Comment

..::klik untuk One 4 Share versi mobile ::.. _ __