..:: klik untuk One 4 Share versi mobile ::.. ..:: Di sini, Rp 10.000,- bekerja untuk Anda ::..

Friday, April 1, 2011

Teka-teki Besek (Bungkusan dlm bhs Jawa)


Suatu hari, Jon Koplo yang tinggal di Wonogiri ini kedatangan seseorang yang katanya disuruh oleh kerabat jauh Jon Koplo untuk mengantarkan punjungan hajatan manten. Tak ambil pusing, Koplo langsung menyambut besek besar berisi makanan itu tanpa banyak tanya.

”Punjungan dari siapa, Pak?” tanya Lady Cempluk, istrinya. Koplo bingung menjawab karena ketika menerima punjungan tadi ia tak sempat tanya.



”Wadhuh, aku ndak mudheng Bune, tadi yang ngater ndak bilang apa-apa kok.”
”Njenengan itu gimana ta Pak? Dipunjung kok ndak tahu dari mana. Ada famili njenengan yang punya gawe ndak?”

Koplo dan Cempluk mencoba mengingat-ingat, tetapi merasa tidak memiliki kerabat yang lagi punya gawe. Akhirnya mereka sepakat untuk tidak menyentuh besek besar itu sebelum jelas dari siapa. Khawatir jika punjungan itu salah alamat. Namun ditunggu sampai petang ternyata tak ada orang yang mengambil besek itu.

”Wis, Pluk. Daripada makanan ini mubazir, lebih baik kita makan saja, mungkin ini rezeki kita,” usul Koplo yang langsung membuka besek besar itu. Dalam sekejap isi besek itu ludes.
”Kalau nanti tahu siapa yang memberi besek ini, kita harus nyumbang lho Pak?” kata Cempluk sambil membereskan sisa makanan yang ada di meja. Koplo hanya mengangguk.

Baru dua hari kemudian, teka-teki alamat pemilik punjungan itu menemukan titik terang saat Cempluk dolan ke rumah Tom Gembus, tetangga sebelah.
”Kebangeten tenan kok Pluk. Wong nyumbang akeh kok ora di wenehi ulih-ulih,” wadul Tom Gembus.
”Siapa itu, Mas?” tanya Cempluk.

”Itu lho, temanku sekolah dulu. Jare wis nganggep sedulur, kok ya ora pangerten. Wis disumbang, blas ora kirim besek,” jawab Gembus.
Mendengar jawaban itu Cempluk kaget. Tapi karena tak ingin wadi-nya ketahuan, Cempluk buru-buru pamit pulang. ”Ya ditunggu aja, Mas, mungkin belum sempat…”

dari: solopos.com [Kiriman Yusuf cahyono]

Butik Online ( tinyurl.com/TokoCewek )***TIPS n TRIK Bisnis Online ( tinyurl.com/cuma50saja )
**

No comments:

Post a Comment

..::klik untuk One 4 Share versi mobile ::.. _ __